PMII KOMUNIS

PMII KOMUNIS
Mundur Satu Langkah Adalah suatu bentuk penghianatan

Rabu, 25 November 2015

Mengatasi Krisis “Kepemimpinan” Pemuda

Oleh : Heri Kiswanto *) 

Pemuda merupakan ujung tombak bagi perubahan bangsa. Artinya gagasan dan ide-idenya dinantikan dimasa sulit dan krisis kepercayaan terhadap pemimpin-pemimpin sebelumnya. Bahkan peran dan fungsinya diharapkan mampu mengatasi persoalan dan ketidakstabilan ekonomi dalam negeri dewasa ini. 

Namun yang kita tahu, pemuda saat ini lebih gemar dan sibuk dengan ponsel atau handphone canggih yang menyediakan konten serta fitur menarik didalamnya. Tentu, hal tersebut berpengaruh terhadap kepedulian di lingkungan sosial. 

Contoh sederhananya lupa makan, beribadah hingga jarang berkomunikasi dengan orang tua dan orang terdekatnya di rumah. 

Selebihnya, malas pergi ke sekolah dan kampus, cukup akan dirasakan dimasa mendatang akibat krisis kepercayaan dan kemandirian dari diri pemuda. 

Tanpa mengesampingkan kemajuan dan perkembangan zaman, ada beberapa hal yang perlu ditanamkan demi menumbuhkan rasa nasionalisme pemuda, agar menyala kembali. 

Pertama, mengembalikan semangat dan motivasi melalui pendidikan di lingkup keluarga serta lingkungan pendidikan formal(kuliah). 

Kedua, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) tanpa mengesampingkan kearifan dan budaya lokal. 

Ketiga, terjun ke masyarakat secara langsung dengan mensosialisasikan kegunaan internet sebagai media informasi dan referensi keilmuan. 

Keempat, hafal lagu-lagu wajib, pancasila, peringatan hari nasional serta kerukunan umat beragama, sejarah NKRI, nama-nama pahlawan nasional, kebinekaan, UUD' 45, nama-nama pejabat negara, dan hal yang berkaitan dengan prinsip-prinsip berbangsa dan bernegara. 

Kelima, meningkatkan peran pemuda untuk ikut serta dalam setiap kegiatan sosial di masyarakat, baik di perkotaan maupun desa dan pinggiran. Sebagai bangsa yang besar hal-hal tersebut diharapkan mampu menjadi dasar mengatasi krisis kepemimpinan pemuda yang mulai tergerus oleh kemajuan zaman. 

Bangun tersentak dari bumiku subur ...

*) Ketua Rayon PMII Rona Gallusia Koms. Unisma (Periode 2011-2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar