PMII KOMUNIS

PMII KOMUNIS
Mundur Satu Langkah Adalah suatu bentuk penghianatan

Senin, 23 November 2015

Meski Sedikit, Tetap Istiqomah

Oleh : Heri Kiswanto *) 

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi. Mahasiswa dituntuk aktif dalam mengembangkan wawasan agar lebih cakap, terampil dan kompeten dalam aktifitas akademik ataupun non akademik. 

Artinya, menjelajahi cakrawala keilmuan perlu disinergikan antara disiplin ilmu (fakultatif) serta keorganisasian. 

Wawasan keilmuan mahasiswa yang meliputi softskill dan hardskill perlu digali dan ditingkatkan ke arah yang lebih matang. Sebab, disadari atau tidak sebagai agen of change (agen perubahan) kemampuan tersebut diperlukan oleh masyarakat khususnya pedesaan dan pinggiran yang notabene mengalami keterbatasan akses informasi dan internet. 

Berkaitan dengan disiplin ilmu, Rayon Rona Gallusia Fakultas Peternakan Komisariat Unisma pernah melakukan kunjungan ke masyarakat peternak. 

Dalam rangka membangun soliditas pengurus dan wadah aktualisasi pengembangan kajian disiplin ilmu (peternakan), hal itu menjadi tantangan besar bagi kami yang belum berpengalaman. Tapi tak menyurutkan niat pengurus untuk tetap mengedepankan semangat anggota dan kader. 

Kenapa perlu dicoba? dikarenakan, kami pernah mengkaitkan antara diskusi disiplin ilmu sebulan sekali dan terjun ke masyarakat untuk mengetahui secara langsung problem yang ada di masyarakat, terutama menganalisis dan berbincang-bincang bersama pemilik ternak. 

Yang unik, populasi ternak pada peternakan rakyat di Jawa Timur sangatlah besar. Hampir rata-rata berpotensi menciptakan bibit ternak lokal unggul di Indonesia.

Sayangnya, terjun ke masyarakat kini menjadi kegiatan yang jarang dilakukan oleh Mahasiswa. Setidaknya menjalankan program kerja yang diharapkan anggota dapat berjalan kontinu (terus-menerus). Diiringi kemauan kuat dan semangat berorganisasi.

Tidak mustahil, kami ikut senang serta bangga dengan ide-ide atau gagasan tentang kajian eksakta tetap bertahan eksis sampai sekarang. Khususnya mengembalikan semangat belajar bersama peternak. Dan bahkan  bermanfaat kelak setelah kita lulus kuliah dan bekerja. Amin.

*) Ketua PMII Rayon Rona Gallusia 2011-2012). HP : 087859786626

Tidak ada komentar:

Posting Komentar